0

Pidato Kepemimpinan

Posted by Atang Fauzi on 06.43

NASKAH PIDATO
SOEKARNO DAN PANCASILA




Rounded Rectangle: Nama 		Atang Fauzi 



















Assalamu’alaikum Wr.Wb
            Hadirin yang berbahagia, banyak yang berkata kenapa dasar Negara kita pancasila?
 Banyak alasan alasan yang menjadikan dasar Negara kita adalah pancasila
1. PANCASILA itu sendiri tidak bertentangan dengan ajaran Islam.
Dari sila yang pertama sampai sila yang ke lima, satupun tidak ada yang bertentangan dengan ajaran Islam

 2. : Di dalam pancasila itu terisi enam kalimat dari Islam, yaitu:
       (1). Kalimat Pertama “ADIL”
       (2). Kalimat Ke-Dua “RAKYAT”
       (3). Kalimat ke tiga “HIKMAH”
             WAMAN YU-TII-IL HIKMATAN FAQOD UUTIYA KHOIRON KATSIRON                                (QS.2.     Albaqoroh :269).
Artinya: Barangsiapa yang didatangkan satu hikmah maka benar-benar didatangkan kebaikan yang banyak.
       (4). Kalimat “WAKIL”
             WA KAAA BILLAHI WAKIILAA (QS.4. An Nisaa 81).
Artinya: Dan cukuplah dengan Alloh penyerahan itu.
       (5). Kalimat “MUSYAWARAH”
WASYAAWIR HUM FIIL AMRI (QS. Ali Imron” 159).
 Artinya: Dan bernusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu.
       (6). Kalimat “ADAB”
 Qola rosululloh SAW:
AKRIMU AULADAKUM WA ‘AHSINUU ADABAHUM
. Artinya: Mulyakanlah anak-anakmu dan perbaikilah adab-adabnya.

3. Yang menyusun Pancasila adalah orang-orang Islam, Pemimpin Islam Indonesia yang pilihan, yaitu: • Ir. Soekarno • Drs. Mohammad Hatta • Abi Kusno Tjokrosuyoso • Kyai Abdul Kohar Mudzakir • Kyai Abdul Wachid Hasyim • Kyai Agus Salim • Achmad Subardjo • Mr. Mohammad Yamin. Hanya satu yang Kristen, yaitu Mr. Maramis.
4.Pancasila telah ada dalam segala bentuk kehidupan rakyat Indonesia, terkecuali bagi mereka yang tidak Pancasilais. Pancasila lahir 1 Juni 1945, ditetapkan pada 18 Agustus 1945 bersama-sama dengan UUD 1945. Bunyi dan ucapan Pancasila yang benar berdasarkan Inpres Nomor 12 tahun 1968

5. Pancasila merupakan wadah yang cukup fleksibel, yang dapat mencakup faham-faham positif yang dianut oleh bangsa Indonesia, dan faham lain yang positif tersebut mempunyai keleluasaan yang cukup untuk memperkembangkan diri.

6. karena sila-sila dari Pancasila itu terdiri dari nilai-nilai dan norma-norma yang positif sesuai dengan pandangan hidup bangsa Indonesia, dan nilai serta norma yang bertentangan, pasti akan ditolak oleh Pancasila, misalnya Atheisme dan segala bentuk kekafiran tak beragama akan ditolak oleh bangsa Indonesia yang bertuhan dan ber-agama.

7.  karena bangsa Indonesia yang sejati sangat cinta kepada Pancasila, yakin bahwa Pancasila itu benar dan tidak bertentangan dengan keyakinan serta agamanya

Bangsa indonesia lahir sesudah melampui perjuangan yang sangat panjang, dengan memberikan segala pengorbanan dan menahan segala macam penderitaan. Sebab itu indonesia lahir dengan kepribadiannya sendiri yang bersamaan lahirnya bangsa dan negara itu, kepribadian itu ditetapkan sebagai pandangan hidup dan dasar negara pancasila. Karena itulah, pancasila bukan lahir secara mendadak pada tahun 1945, melainkan telah berjuang dengan melihat pengalaman bangsa-bangsa lain.
Karena pacasila sudah merupakan pandangan hidup yang berakar dalam kepribadian bangsa, maka ia terima sebagai dasar negara yang mengatur hidup ketatanegaraan. Hal ini tampak dalam sejarah bahwa meskipun dituangkan dalam rumusan yang agak berbeda, namun ada 3 buah uud yang pernah kita miliki yaitu dalam pembukuan uud 1945. Dalam mukadimah uud, sementara republik indonesia 1950, pancasila tetap tercantum didalamnya merupakan bukti sejarah sebagai dasar kerohanian negara, oleh karena itu, pancasila merupakan dasar yang mampu mempersatukan seluruh rakyat indonesia.
 Lalu apasih peranan pancasila bagi Negara kita?
a)
Dasar negara kita, republik indonesia yang merupakan sumber dari segala sumber
                hukum yang berlaku dinegara kita
b)
Pandangan hidup bangsa indonesia yang dapat mempersatukan kita member       petunjuk dalam masyarakat kita. Yang beraneka ragam sifatnya.
c)
Jiwa dan kepribadian bangsa indonesia, karena pancasila memberikan corak yang khas kepada bangsa indonesia dan tak dapat dipisahkan dari bangsa indonesia, serta merupakan ciri khas yang dapat membedakan bangsa indonesia dari bangsa yang lain.
d)
Tujuan yang dicapai oleh bangsa indonesia, yakni suatu masyarakat yang adil dan makmur yang merata material dan spiritual berdasarkan pancasila.
e)
Perjajian luhur rakyat indonesia yang disetujui oleh wakil-wakil rakyat indonesia menjelang dan sesudah proklamasi kemerdekaan yang kita junjung tinggi.
Oleh karena itu yang penting adalah bagaimana kita memahami,
menghayati dan mengamalkan pancasila dalam segala segi kehidupan. Tanpa itu maka pancasila hanya akan merupakan rangkaian kata-kata indah yang tertulis dalam pembukaan uu 1945, yang merupakan perumusan yang beku dan mati, serta tidak mempunyai arti bagi kehidupan bangsa kita
Wassalamu’alaikum Wr.wb

|

0 Comments

Copyright © 2009 Catatan Atang Fauzi All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.