0
Posted by Atang Fauzi on 05.12

Ada apa dibalik Dream Board?
Oleh: Atang Fauzi



Ketika usiaku masih kecil, kadang aku terheran dengan mimpi-mimpiku yang selalu berubah-ubah, aku pernah bermimpi ingin menjadi seorang direktur, guru, dokter, manajer, sutradara, pengusaha, bahkan saking hobinya nonton superhiro, aku pernah bermimpi ingin menjadi seorang power ranger yang menjadi pembela bumi dan mengalahkan monster-monster yang jahat, kejam dan menakutkan. Sungguh aneh mimpi-mimpiku itu.
ketika aku mulai beranjak dewasa, ku mulai berfikir sebenarnya apasih yang di inginkanku dalam kehidupan ini?, ingin menjadi apakah aku hidup di dunia? Dan punya kemampuan apakah diriku ini? Pertanyaan-pertanyaan tersebut terus menyelimuti isi hatiku, disana aku mulai mencari jawaban dengan melihat diri sendiri dan kemampuan yang aku miliki, lalu aku menentukan sebuah tujuan hidup dan cita-cita yang harus di capai, ketika itu aku berhasil menentukan tiga cita-cita yang harus aku capai, yaitu, pengusaha, Da’i dan motivator. Namun waktu terus berlalu dan kadang ketiga tujuan tersebut sedikit-demi sedikit memudar dan tanpa arah untu mencapai tujuan tersebut,.
Ada sebuah pembelajaran yang sangat menarik ketika aku mengikuti seminar-seminar yang berkaitan dengan enterpreneur dan motivasi, ketiga tujuan yang aku miliki, sedikit demi sedikit terulas kembali, ketika aku mengikuti supercamp yang diadakan oleh youthcare, disana aku mulai menemukan cara untuk mempermudah mencapai tujuan yang kita miliki, yaitu dengan membuat dream board (papan mimpi) atau dream book (buku mimpi), dengan mencoba bersama teman-teman supercamp yang lainnya, aku membuat dream board diatas kertas karton dan ditempel beberapa mimpi yang disertai gambar yang aku gunting dari majalah-majalah bekas, disana aku lengkapi dengan tanggal kapankah mimpi itu akan tercapai, ketika dream board itu selesai dibuat, aku tersenyum sendiri, ternyata mimpiku sungguh indah, dan yang lebih indah lagi ketika aku disuruh mempresentasikan mimpi-mimpi itu dihadapan teman-teman. Aku sangat merasa senang, karena ternyata pengaruhnya besar sekali, ketika aku mempresentasikan mimpi-mimpi tersebut, aku merasa bahwa mimpi itu sudah terlaksana, sebagian dari kawan-kawan berkata “ wooow mimpi yang sangat luar biasa”, dengan diikuti tepuk tangan yang sangat ramai, ketika itu aku merasa ternyata inilah gunanya dream board.
Tidak cukup disini aku bercerita tentang pembuatan dream board, karena dari kejadian itu. Aku lebih banyak lagi belajar dan memahami apasih dibalik dream board tersebut, pada suatu hari aku mendapatkan ide yang sangat menarik, yaitu membuat dream board dengan ukuran yang sangat besar, aku membuatnya dengan papan sterofoam berukuran besar dan aku berikan judul dream board dengan ukuran beasar, lalu aku tempelkan beberapa mimpi-mimpiku dengan photo-photo yang sangat luar biasa, disana aku edit poto-potonya seakan-akan aku sudah mengalaminya, aku menginginkan rumah, aku tempelkan potoku di depan rumah bagus, aku ingin punya mobil, aku tempelkan potoku sambil memegang mobil mewah, dan begitu juga dengan mimpi-mimpi yang lainnya, semuanya disertai dengan photo, ketika aku melihat dream board tersebut, aku sering tertawa dan merasa bangga, lalu berdoa’a, ya alloh mudah-mudahan mimpiku ini tercapai. Amin.
Namun ternyata tidak sedikit orang yang ketika melihat dream board itu tertawa dan merasa mustahil aku bisa mencapainnya, namun aku tidak mendengarkan perkataan-perkataan dia karena aku yakin dengan mimpi-mimpiku ini.
Nah gimana kamu sudah punya dream board belum?...
Kalu kamu ada keinginan untuk membuatnya dan yakin bahwa dream board tersebut akan membantu terhadap kesuksesan anda, disini saya akan memberitahu anda tahapan-tahapan membuat dream board.

1.      Siapkanlah papan dream board.
Kamu harus menyiapkan papan dream board dengan se kreatif mungkin, papan dream board bisa terbuat dari kayu, triplek, karton, sterofoam. Dsb. Sesuai yang anda inginkan, dan usahakan dalam ukurang yang besar dan menarik, sehingga anda tidak merasa bosan untuk melihat papan dream board tersebut, papan bisa diberi warna-warna kesukaan anda.
2.      Tentukan mimpi-mimpi anda dan tempelkan di papan dream board tersebut.
Kamu harus menentukan mimpimu dan tentukan pula waktunya, kapankah mimpimu akan tercapai, lalu supaya terlihat lebih menarik, lengkapilah mimpi-mimpimu itu dengan photo- kamu yang terlihat sudah mencapai mimpi tersebut, hal ini bisa memotivasi anda ternyata kamu bisa mencapai mimpi yang kamu inginkan.
3.      Tempelkan mimpimu di dinding.
Kamu jangan merasa malu ketika dream board tersebut dilihat orang, bahkan kamu harus berani menempelkan dream board tersebut di ruang terbuka, seperti ruang, tamu, keluarga dsb. Karena semakin banyak orang yang meliahat, orang tersebut akan menjadi tahu dan bahkan dia akan mendo’akan mimpi-mimpimu itu, bahkan orang yang melihat mimpimu itu akan termotivasi untuk membuat dream board sama halnya yang kamu buat.
4.      Bersikap tuli terhadap orang yang menganggap kita tidak dapat mencapai mimpi tersebut.
Tidak sedikit oranga apabila melihat drtam board kita, dia akan menertawakan dan bahkan menganggap kita gila, kita harus siap mengahadapi hal yang seperti itu dan jangan pernah sesekali memasukan perkataan –perkataanya ke dalam memory ortak kita.
5.      Tentukan langkah-langkah untuk mencapai mimpi tersebut.
Dari satu persatu mimpi-mimpi yang telah kamu tentukan, kamu harus menentukan cara atau langkah untuk mencapai mimpi tersebut, anda bisa menulisnya di buku harian anda atau diketik dikertas A4, lalu tempelkan ditempat yang setiap hari kamu bisa melihatnya, seperti di meja belajar, dekat pintu, dsb.
6.      Do’a, Usaha, Ikhtiar dan Tawakal.
Setelah kelima cara diatas kamu lakukan, kamu tinggal berdoa, usaha,ikhtiar,tawakal (DUIT) kita yakin bahwa mimpi-mimpi tersebut akan terwujud.
Nah itulah sobat beberapa cara untuk membuat dream board ( papan mimpi), bagi anda yang yakin terhadap mimpi anda dan berminat untuk membuatnya. Aku ucapkan silahkan mencoba and good luck


Yakinkanlah mimpi-mimpimu, lalu buatlah langkah untuk menggapainnya
(Atang Fauzi)


|

0 Comments

Copyright © 2009 Catatan Atang Fauzi All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.