0
Posted by Atang Fauzi on 06.28

Meningkatkan Keterampilan Announcer
Oleh: Atang Fauzi

1.    Tidak ada pengganti apapun selain latihan untuk meningkatkan keterampilan penampilan kita, teori tentang pokok-pokok anouncing adalah penting dan pengetahuan tentang hal ini akan menembah pengembangan tentang profesi kita, tetapi tanpa latihan kita tidak akan pernah menjadi orang yang profesional
Kita tidak perlu membatasi kapan kita latihan. Kita bisa latihan dimana saja dan yanpa satu jenis peralatan pun, bila kita membaca surat kabar, majalah, koran dan buku-buku, isolasikan diri kita dari orang lain dan bacalah paling tidak dari beberapa materi tersebut dengan suara keras.
2.      Kita harus mencoba merekam suara kita dengan tape recorder atau peralatan lainnya, lalu dengarkan playback suara kita , dengarkan nilai komunikasinnya, kualitas suara, diksi yang tepat dan pengucapan yang benar.
3.      Cobalah dengan gaya penyampaian yang berbeda-beda tingkat semangat yang berbeda, tetapi jangan lakukan semua ini dengan penampilan yang sifatnya imitasi atau meniru-niru gaya orang lain, karena akan membuat apa yang baik yang ada pada diri kita malah jadi tidak karuan.
4.      Bila penampilan ad libs, kuasai apa yang menjadi sasaran, dan buatlah ketentuan-ketentuan tentang bagaimana kita membangun sebuah ide sesuai dengan waktu yang tersedia, berapa lama kita akan menyampaikan kata-kata pembukaan dan kata-kata penutup, seberapa lama presentasi kita akan berakhir
5.      Perhatikan letak mikrophone bila di radio, dan bila di televisi maka perhatikanlah kamera, perhatikan dimana kita akan duduk atau berdiri, dan tetapkan dimana kita akan memegang dan meletakan naskah.
6.      Kendalikan diri kita agar jangan berbicara terlalu cepat bila membuat kesalahan, kita harus melakukan koreksi dengan wajar dan tidak mencolok, kemudian teruskan pembicaraan kita.
Bila kita bicara tersendat-sendat, segeralah atasi dengan melupakan kesalahan itu, merenungkan terus kesalahan yang sudah terjadi akan mengacaukan pikiran kita dan malah membuat kita terus bicara tersendat-sendat.


|

0 Comments

Copyright © 2009 Catatan Atang Fauzi All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.